LIRIK LAGU - Komentar kecil dari saya

Maafkan, baru sempat untuk update artikel lagi. Dua bulan ini saya harus melewati dua musibah, sakit, kematian, dan satu hajatan mantu. Tak ada waktu bahkan untuk sekedar melongok pengunjung blog-ku. Tak mampu rasanya jika harus membalas komentar kalian satu per satu. Terima kasih untuk kalian semua, yang telah bersedia membaca, meski mungkin ada beberapa yang tak selaras rasa.

Menanggapi beberapa komentar yang seringnya menyamakan bentuk interpretasi dengan video klip, perkenankanlah saya membela apa yang telah saya tulis (maunya^_^)
Bagi saya, video klip itu sendiri adalah sebuah bentuk interpretasi. Karena, seperti halnya puisi, satu lagu bisa jadi memiliki beberapa makna, tergantung siapa yang mendengarkannya. Night Changes, khususnya, karena banyak yang tidak setuju, saya maknai lewat bahasa. Kalau vidklipnya sih memang cinta-cintaan anak muda, yang intinya: meski malam berubah, meski hari berganti, meski aku berubah, cintaku tetap kau miliki. Itu saja sih intinya. Tapi, saya ingin membuka mata, khususnya bagi yang bersedia menerjemahkan per kata, silakan simak kembali apa yang disampaikan di dalamnya. Lah, Sugarnya Maroon Five juga tak ada hubungannya dengan vidklipnya^_^.
Berikutnya, untuk lagu Same Love nya Macklemore, saya secara pribadi minta maaf, saya tidak mampu dan tidak bersedia membenarkan apa yang memang salah. Yang salah biarlah tetap dihukumi salah, agar generasi selanjutnya tidak menganggap hal salah menjadi biasa. Lagu itu adalah suara hati, bahwa tak semua LGBT itu makhluk jadi-jadian. Tapi, yang terjadi di sekeliling kita adalah yang jadi-jadian berjaya, yang asli kelainan kromosom teraniaya. Dan menjadi jadi-jadian akan dianggap sah-sah saja jika kita semua memakluminya. Apakah saya harus membenarkan hal yang seperti itu dan merusak tatanan alam yang sudah indah dari sananya? Maafkan, saya tidak bersedia. Bukan berarti menghakimi, tapi tolong intropeksi.